Berita Akademik Berita kegiatan Teknologi Pertanian

Mahasiswa Agroteknologi Angkatan 2021 bersama Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. Ir. Posman Sibuea, MS dan Dosen Agroteknologi Rio Stepanus Tarigan, S.Hut., M.Si mengikuti Seminar “Indonesia PALM OIL Stakeholders Forum (IPOS-Forum) 2024”

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Provinsi Sumatera Utara sukses menghadirkan 500 pemangku kepentingan sawit dalam Indonesian Palm Oil Stakeholders Forum (IPOS Forum) ke-9 yang berlangsung di Hotel Santika Dyandra Medan, Sumatera Utara, pada tanggal 30 – 31 Mei 2024. Pada tahun ini, IPOS Forum mengambil tema “Dukungan Pemerintah Dalam Perlindungan dan Penegakan Hukum Untuk Investasi Industri Sawit” yang menitikberatkan kepada percepatan peremajaan sawit rakyat (PSR) sebagai langkah strategis bagi peningkatan produksi dalam upaya mengimbangi bertambahnya konsumsi sawit. “Pemerintah sepakat dibutuhkan sinergi serta kepastian hukum karena perkebunan merupakan salah satu faktor penting yang diharapkan memberikan kekuatan besar dalam kemajuan, kemandirian, dan kesejahteraan masyarakat perkebunan pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Adapun pokok-pokok pembahasan utama dari acara ini adalah Peremajaan Sawit Rakyat (PSR), Pengujian Rendemen TBS Pekebun, Tindakan Pidana Ringan (Tipiring), RTRW dan Kawasan Hutan, Dana Bagi Hasil (DBH) Sawit dan Sistem Informasi Perizinan Perkebunan (SIPERIBUN). IPOS-Forum 2023 juga merupakan wadah komunikasi bagi para stakeholders sawit untuk melakukan diskusi, sharing, promosi dan lain-lain. Forum ini diharapkan dapat memberikan solusi terhadap permasalahan dan tantangan global untuk memajukan industri perkelapasawitan di Indonesia.